Kamis, 29 Maret 2018

Apa Manfaat Punya Blog? (Pengalaman tak terduga)

Nampaknya matahari di siang hari ini tak malu-malu menampakkan dirinya. Begitu teriknya dan menyengatnya sinarnya, menjadikan para penghuni bumi menggeliat kepanasan. Sehingga mereka berbondong-bondong menyiasati dan membekali diri mereka agar tidak dehidrasi.
Salah satu makhluk di bumi adalah manusia. mereka tak mau ketinggalan bersiasat. Akhirnya AC tercipta dan banyak dinikamati sebagian besar manusia dimuka bumi, terutama daerah panas tentunya.
Karena udara dan sengatan Sang Mentari yang begitu menyengat sedang diruangan terdapat AC, meskipun tidak ada komando tak seorang teman pun mau beranjak dari ruangan nyaman ini.
Karena sudah bisa dipastikan, maka aku pun bergerak menuju ke ruangan lain untuk menanyakan perihal alamat blog yang telah kami buat bersama beberapa waktu lalu. Setelah ngobrol ini dan itu, aku pun menanyakan maksud dan tujuanku. Dan ia menjawab dengan senyuman dan sahutan ragu "belum tak isi apa-apa eg".
Seorang teman yang sedari tadi duduk bersebelahan spontan bertanya "buat apa buat blog?, Manfaatnya apa?, siapa yang akan membaca?, Gimana kita bisa tahu ada yang membaca tulisan kita?, dan seterusnya"
Sejurus kemudian aku jawab, pokoknya menulis dulu. Jangan pedulikan siapa yang membaca, salah atau benar, bagus atau tidak, atau kekhawatiran-khawatiran yang lain. Kita tahu menulis itu bukan barang gampang. Menulis disini, sangat berbeda ketika kita menulis status di media sosial. Dimana tulisan (status) itu sangat singkat adanya. Bagi kita yang tidak biasa menulis, menghasilkan beberapa kalimat saja sudah susahnya minta ampun. Iya kan...?!?!

Begitu caraku memotivasinya.

Kalau masalah manfaat kita punya blog, itu sangat relatif. Sebelumnya, kita tanyakan kepada diri sendiri dulu, apakah saya suka menulis? Suka iseng nulis? ya...nulis apapun lah. Ingat nulis tidak sama dengan nulis status. Kalau jawabannya "iya", maka bisa menulis kemudian mengunggahnya merupakan hal sangat menyenangkan serta memuaskan. Apalagi dilihat dan dibaca orang lain, itu sangat membanggakan. Ditambah lagi ketika diberi komentar, bagus!. Serasa dunia milik kita sendiri.
Terus manfaat-manfaat lain sangat banyak misalnya: kita bisa berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan, berbagi ilmu, berbagi kebudayaan, berbagi sudut pandang, bisa mengekspresikan apapun yang ada dibenak kita, bisa berekspresi sesuka hati, bahkan kita bisa berlatih bersabar, membantu promosi produk maupun potensi daerah, bisa jadi reporter atau wartawan, bisa keliling dunia, ketemu sama orang-orang top berkelas dunia, dan lain sebagainya.
Tapi yang perlu diingat bahwa jangan hoax, jangan SARA, jangan provokasi, gunakan bahasa yang santun, berikan sumber jika memang bukan karya yang kita bukanlah hasil pikiran kita. Jika lupa, ya...omongkan bahwa kita lupa sumbernya.

Menulislah dahulu, biar Tuhan yang menentukan kemudian.


Inspirasi:
sekilas membaca tentang Windy Aries Tanty, Agni Malagina, Karina Isna Irawan (meskipun belum tahu banyak tentang beliau, maklumlah memori cekak);
hasil angan-angan sendiri sekaligus pengalaman (karena sering ditegur bahkan dipaksa oleh seorang teman);
mengamati teman (yang multitalent).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar