1.
Perhatikan
pernyataan dibawah ini :
1)
upacara
pembakaran mayat disebut tiwah
2)
rumah
adatnya dikenal dengan sebutan rumah betang
3)
salah
satu tariannya adalah tari balean dadas yang bertemakan permohonan kesembuhan
dari sakit.
Ciri-ciri
diatas merupakan ciri masyarakat ….
A. Ambon D. Jawa
B. Bali E.
Dayak
C.
Flores
2.
Perhatikan gambar berikut
ini!
Gambar di atas menunjukkan budaya local
masyarakat ….
A.
Batak D. Provinsi Jawa Tengah
B.
Bugis
Makasar E. Asmat
C.
Bali
3.
Arus
difusi budaya sangat kuat di era globalisasi saat ini dan dapat berpengaruh
terhadap budaya Indonesia. Di bawah ini adalah contoh pengaruh negatif
kebudayaan asing yang telah masuk ke Indonesia, kecuali…
A. budaya
hedonisme D. teknologi canggih
B. mengkonsumsi
narkoba E. konsumerisme
C. pergaulan bebas
4.
Bangunan
menara masjid Kudus dan arsitektur masjid-masjid kuno di Indonesia seperti
masjid Agung Demak dan masjid Agung
Yogyakarta menunjukkan adanya percampuran antara budaya Islam dan budaya Hindu.
Proses percampuran budaya tersebut menunjukkan telah terjadinya….
A. akulturasi D. internalisasi
B.
asimilasi E. enkulturasi
C.
inovasi
5.
Listrik masuk desa
merupakan suatu fenomena yang menarik dalam kehidupan masyarakat, karena kemudian
diikuti dengan berbagai penggunaan teknologi baru yang menggunakan tenaga
listrik, seperti seterika listrik, radio, televisi, bahkan mesin cuci. Hal itu
merupakan pengaruh proses.....
A.
substitusi D. dekulturasi
B.
adisi E. rejection
C. originasi
6.
Pihak-pihak yang bergerak dalam
bidang kebudayaan daerah sebaiknya mengarahkan tujuannya pada..
A.
pakaian,
perumahan, alat alat yang mereka pakai sehari hari , yang berbeda dengan yang terdapat
pada kebudayaan lain
B.
perkawinan
yang berlangsung antara anggota suku di daerah mereka saja sehingga
keaslian dan kelestarian
budaya tetap terjaga
C.
bahasa
khas yang sering dipakai disuatu daerah terpencil sebagai salah satu budaya
local yang harus dijaga keberadaannya
D.
upaya pembinaan kebudayaan
daerah untuk kebanggaan daerah sekaligus menambah kekayaan budaya nasional
E.
kebudayaan
nasional
Indonesia sebagai kebudayaan universal yang harus sesuai dengan globalisasi
7.
Para
petani penggarap sawah dengan adanya waduk atau bendungan dapat mengairi
sawahnya untuk musim kemarau tidak lagi mengandalkan air hujan. Perubahan
budaya tersebut disebabkan oleh….
A.
adanya
rasa tidak puas terhadap nilai-nilai yang berlaku
B. suatu penemuan baru yang tidak dapat diterima
masyarakat
C. adanya penyimpangan-penyimpangan dari suatu
system
D. adanya perubahan terhadap suatu tatanan yang
telah ada
E. perubahan teknologi yang berkembang di kalangan
masyarakat
8.
Keragaman
budaya di Indonesia mempunyai pengaruh positif dan negative dalam kehidupan
masyarakat. Contoh pengaruh negative keragaman budaya pada masyarakat adalah….
A. bangsa Indonesia tidak memiliki budaya nasional
B. munculnya
konflik karena orientasi budaya yang berbeda
C.
menipisnya
identitas budaya yang dimiliki bangsa
D.
berkembangnya
budaya local di Indonesia
E.
dimanfaatkan
sebagai sumber inspirasi pengembangan budaya
9.
Manusia baik sebagai
makhluk individu maupun sosial mempunyai sifat tidak puas terhadap apa yang dimiliki,
misalnya harta benda yang dimiliki selalu kurang untuk memperbaiki kehidupannya. Mereka
selalu ingin mengejar keinginannya. Adanya gerak masyarakat secara terus-menerus inilah yang
disebut ….
A.
dinamika budaya D.
karakteristik budaya
B.
relativitas budaya E. items budaya
C.
unsur-unsur budaya
10. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Assimilasi 4.
Identifikasi
2. Imitasi 5.
Sugesti
3. Internalisasi
Setiap kebudayaan
senantiasa bergerak atau bersifat dinamis. Dinamika ini sebenarnya merupakan gerak manusia
yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah budaya dan terjadi karena
interaksi sosial. Dari pernyataan tersebut
di atas, yang merupakan faktor-faktor yang
mendorong dinamika budaya adalah …
A.
1, 2 dan 3 D. 2, 4 dan 5
B.
1, 3 dan 5 E. 3, 4 dan 5
C.
2, 3 dan 4
11. Pada masyarakat tradisional, lembaga yang memiliki
peranan sangat penting dalam pewarisan budaya karena
dianggap sebagai sumber nilai dan norma serta memberi legitimasi adikodrati terhadap nilai dan norma yang berlaku adalah
...
A.
Keluarga D.
lembaga sosial
B.
Masyarakat E. lembaga agama
C.
lembaga adat
12. Dewasa ini anak-anak lebih
senang bermain dengan peralatan elektronik dibandingkan permainan tradisional. Berikut
ini merupakan dampak positif permainan elektronik , yaitu….
A.
terganggunya pertumbuhan fisik anak-anak
B.
kurangnya sosialisasi
C. mengasah kecerdasan otak
D.
berkurangnya hubungan orang tua dengan anak
E. anak
menjadi malas belajar
13.
Perbedaan peranan keluarga dalam
mewariskan kebudayaan pada masyarakat tradisional dan modern adalah sebagai
berikut….
No
|
Keluarga Tradisional
|
Keluarga Modern
|
1
2
3
4
|
Kontak sosial terjadi secara intensif
Ikatan sosialnya relatif renggang
Norma dan nilai ditaati
Kontrol sosial relatif longgar
|
Kontak sosial jarang terjadi
Ikatan sosialnya relatif
akrab
Norma dan nilai cenderung diabaikan
Kontrol sosial relatif ketat
|
Pernyataan tersebut di atas yang benar
ditunjukkan pada nomor :
A.
1 dan 2 D.
2 dan 4
B.
1 dan 3 E.
3 dan 4
C.
2 dan 3
14.
Even-even berikut ini dapat
menumbuhkan sikap generasi muda untuk menghargai budaya local, kecuali ….
A. pesta besar-besaran menyambut tahun baru
B.
tradisi ruwatan pada pada malam 1 Suro
C. lomba
“Mocopat” pada bulan bahasa
D.
pawai budaya pada peringatan 17
Agustus
E.
pagelaran Mas dan Mbakyu Jawa Tengah
15.
Tindakan
berikut merupakan sikap yang dapat mendorong terjadinya integrasi nasional,
yaitu ….
A.
Mengkonsumsi narkoba
B.
Mengikuti demo untuk menolak UAN
C. Menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari
Senin pada saat upacara bendera
D. Para
pelajar yang membuka situs porno di internet
E. Tidak
melaksanakan ibadah lima waktu bagi yang beragama Islam
16.
Kasus yang
terjadi antara KPK dan Kepolisian dapat
membahayakan integrasi nasional.
Peran pers menjadi sangat penting dalam menjaga integrasi bangsa. Peran
pers dalam menjaga keutuhan integrasi nasional adalah….
A. Menyiarkan berita secara obyektif dan
berimbang
B.
Mencari berita sebanyak-banyaknya
C.
Mengalihkan perhatian masyarakat
D.
Mencari nara sumber
E.
Melakukan investigasi
17.
Ketidakpuasan
terhadap ketimpangan dan ketidak merataan hasil-hasil pembangunan akan
cenderung berdampak pada…
A. konflik D.
mobilitas geografis
B. konsensus nasional E. kesadaran akan persatuan
C. integrasi nasional
18.
Dampak
pelaksanaan otonomi daerah dapat menghambat proses integrasi nasional, karena…
A.
pelaksanaan pembangunan didasarkan pada kebutuhan daerah sendiri
B. pengangkatan pejabat didasarkan pada daerah
asal, bukan karena kemampuan
C.
penguasa daerah tidak patuh pada aturan yang berasal dari pusat
D.
potensi daerah yang satu tidak dapat dinikmati secara besama oleh daerah
lain
E.
penguasa daerah tidak diangkat pemerintah pusat melainkan dipilih oleh
rakyat
19.
Contoh
wujud integrasi nasional adalah…
A. menjaga kelestarian konflik
B. selalu menggunakan bahasa daerah dalam
berinteraksi
C. memperkuat etnosentrisme
D. toleransi
antarsuku bangsa
E. toleransi satu suku bangsa
20.
Fungsi
bahasa untuk tujuan artistic adalah…
A. mengadakan pergaulan
B. mempelajari naskah-naskah kuno
C. mempelajari dongeng-dongeng kepahlawanan
D. mengolah
bahasa sebagai pemuas rasa keindahan
E. mengolah bahasa nasional
21.
Istilah-istilah
jigo (dua puluhlima), ceceng (seribu), cetiau (satu juta) dapat dijumpai pada
lingkungan…
A. sekolah D.
terminal
B. pasar E.
remaja
C. kantor
22.
Perhatikan
pernyataan berikut ini:
1.
njenengan 4.
entuk
2.
maning 5. mrana
3.
ulih
Dari
pernyataan di atas yang merupakan dialek Jawa Yogyakarta adalah…
A. 1,2 D.
3, 4
B. 1,3 E.
4,
5
C. 2,3
23.
Dialek
merupakan variasi bahasa manusia. Contoh dialek
regional dan dialek temporal yang tepat adalah…
|
Dialek regional
|
Dialek temporal
|
A
|
Melayu Manado
|
Dialek orang-orang berpangkat tinggi
|
B
|
dialek wanita Jepang
|
melayu Sumatra
|
C
|
Melayu Kalimantan
|
dialek wanita jepang
|
D
|
Jawa Banyumas
|
melayu kuno
|
E
|
melayu kuno
|
Jawa Yogyakarta
|
24.
Dialek
bahasa Jawa Ngapak-ngapak berasal dari daerah…
A. Surakarta D.
Pekalongan
B. Tegal
dan Banyumasan E.
Bagelen
C. Yogyakarta
25.
Bentuk-bentuk
bahasa yang berbeda tapi memiliki persamaan yang cukup besar sehingga masih
dapat dipahami disebut…
A. logat D.
Dialek
B. Parol E.
Parabahasa
C. langue
26.
Tradisi
lisan dapat ditinjau dari beberapa aspek, salah satunya adalah tradisi lisan
sebagai proses, maksudnya adalah…
A. pesan lisan yang didasarkan pada pesan
generasi sebelumnya
B. pewarisan
pesan melalui mulut ke mulut sepanjang waktu
C. kesaksian lisan yang disampaikan pada
generasi sebelumnya
D. kesaksian lisan yang mengungkapkan masa lalu
E. berisi kebenaran terbatas
27.
Kisah
yang menggambarkan seorang anak yang telah sukses meraih kebahagiaan dunia tapi
durhaka dan tidak mau mengakui ibu kandungnya sendiri, dikenal dengan legenda…
A. terjadinya gunung tangkuban perahu D. Malin kundang
B. sangkuriang E.
mak lampir
C. Nyi rara kidul
28.
Salah
satu jenis kesenian yang berasal dari Jawa Barat adalah
A. wayang kulit D.
Tari serimpi
B. wayang orang E.
tari tor-tor
C. Jaipong
29.
Sutan
Takdir Ali Syahbana merupakan sastrawan angkatan…
A. Pujangga
Baru D.
angkatan 70
B. angkatan 45 E.
klasik
C. angkatan 66
30.
Perhatikan
hal hal dibawah ini
1.
Melestarikan nilai-nilai budaya leluhur
2.
Menimbulkan solidaritas masyarakat
3.
Melunturnya nilai-nilai seni tradisional.
4.
Meningkatkan perekonomian rakyat dan negara
5.
Munculnya karya seni yang tidak mengindahkan nilai dan norma
Yang termasuk dampak positif seni adalah
nomor…..
A. 1, 2,
dan 3 D. 2, 3 dan 4
B. 1, 2, dan
4 E. 2, 3
dan 5
C. 1,
2 dan
5
31.
Sikap
menyinggung atau melecehkan budaya atau kesenian dari daerah lain merupakan …..
A. Solidaritas
masyarakat D.
Dampak negatip seni
B. Kemerosotan moral E. Hubungan seni dan masyarakat
C.
Dampak positip seni
32.
Pemberian
sesajen pada tempat tempat yang dianggap keramat termasuk …..
A. Animisme D. Panteisme
B.
Dinamisme E.
Monoteisme
C.
Polyteisme
33.
Berkorban
dan berdoa merupakan kegiatan keagamaan yang termasuk unsur ……
A. Emosi
keagamaan D.
Kekuatan sakti
B.
Sistem kepercayaan E.
Sistem upacara keagamaan
C.
Kelompok keagamaan
34.
Perhatikan
gambar peta berikut!
Pada gambar tersebut yang
menunjukkan wiayah penyebaran bahasa Austronesia untuk wilayah Kayan Kenyah
adalah…
A.
1 D. 4
B.
2 E.
5
C.
3
35.
Yang
merupakan perbedaan antara agama Wahyu dengan agama Bumi adalah...
NO
|
AGAMA WAHYU
|
AGAMA BUMI
|
A
|
konsep ketuhanan tidak monoteisme
|
konsep ketuhanan monoteisme
|
B
|
tidak disampaikan oleh Rosul
|
disampaikan oleh Rosul
|
C
|
mempunyai kitab
suci
|
tidak mempunyai
kitab suci
|
D
|
dapat terpengaruh oleh perubahan
|
tidak terpengaruh oleh perubahan
|
|
Masyarakat
|
masyarakat
|
E
|
sistim berpikirnya sama dengan
sistim berpikir masyarakat penganutnya
|
sistim berpikitnya tidak sama
dengan sistim berpikir penganutnya
|
36.
Peta
penyebaran bahasa Papua
Yang
menunjukkan wilayah penyebaran bahasa Mairasi Tanah Merah adalah nomor…
A. 1 D.
4
B.
2 E.
5
C. 3
37.
Perhatikan
peta berikut!
Yang
menunjukkan wilayah penyebaran bahasa Bima ditunjukkan pada nomor…
A. 1 D. 4
B. 2 E.
5
C. 3
38. Menurut kepercayaan Animisme
disekeliling tempat tinggal manusia banyak terdapat roh gaib. Pernyataan-pernyataan
dibawah ini yang bukan termasuk ciri kepercayaan animisme adalah...
A. upacara pemujaan
B. percaya adanya banyak Tuhan
C. pemberian sesajen
D. penyembelihan hewan korban
E. menghormati roh penguasa
pantai
39. Perhatikan pernyataan berikut
1. disekeliling alam manusia terdapat kekuatan gaib
2. percaya adanya roh gaib
3. kekuatan gaib berasal dari
berbagai gejala alam
4. disekeliling manusia mempunyai hubungan mistik dengan alam
5. benda benda totem dianggap
sebagai nenek moyang
Yang merupakan ciri-ciri kepercayaan Dinamisme adalah ...
A. 1 dan 2 D.
1 dan 4
B. 1 dan 3 E.
4 dan 5
C. 3 dan 5
40.
Sinkretisme
merupakan proses penyesuaian antara dua paham yang berbeda, dapat diartikan
juga menyamakan paham yang kecil agar
menjadi satu paham yang besar. Berikut yang termasuk contoh sinkretisme adalah
...
A.
Agama Yudaisme
B.
Agama Tao
C.
Agama Hindu
D.
Agama Hindu Dharma
E.
Agama Budha Mahayana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar