Minggu, 05 Agustus 2018

Sejarah Singkat Penemuan Mobil


MOBIL (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movére’ (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Bila yang dimaksud mobil seperti sekarang ini, cukup sulit untuk menentukan siapa penemunya. Mobil sebenarnya terdiri dari ribuan komponen yang ditemukan dan dikembangkan secara bertahap. Meski demikian, bisa disebutkan bahwa Nicolaus J. Cugnot adalah orang pertama kali yang berhasil menluncurkan kendaraan berbadan besar, beroda tiga, dan bermesin uap. Kendaraan ini digunakan untuk menarik meriam pada tahun 1769.
Setelah itu insinyur lain yang membuat kendaraan sejenis adalah William Murdock yang bekerja sama dengna James watt dari Inggris. mereka berhasil mengembangkan dan meluncurkan mesin bermesin uap pada 1784.
Richard Trevitchick juga berhasil membuat dan meluncurkan kendaraan bermesin uap. Pada 1830, kendaraan beroda enam ciptaan Sir Goldswarthy Gurnay mampu meluncur dengan kecepatan 25km/h. Hingga awal abad 20, berbagai kendaraan bermesin uap terus diciptakan meskipun mesin uap berbahaya karena sering kali meledak.
Kemudian pada 1885, Gottlieb Daimler dan Karl Benz berhasil menciptakan mobil bermesin pembakaran dalam. Meskipun tanpa kopling untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda sehingga menyulitkan saat berangkat, kendaraan ini merupakan model dasar bagi pengembang mobil-mobil berikutnya. Mesin pembakaran dalam segera di sukai karena tidak memiliki kemungkinan meledak, tidak memercikkan api di luar, tidak berasap tebal, dan tidak sebising mesin uap.
Pada saat yang sama berkembang berbagai penemuan baru yang memperbaiki kinerja mesin lama. Pada tahun 1886, Nicolaus A. Otto dan Eagen Langen berhasil mengembangkan suatu mesin berbahan bakar bertekanan atmosfer dimasukkan kedalam silinder, dinyalakan dengan busi terjadi gas pembakaran yang bertekanan tinggi dan mampu mendorong torak untuk melakukan langkah ekspansi sampai membuang gas pembakaran tersebut. Efisiensi yang didapat oleh mesin ini adalah 11%. Mesin ciptaan Otto ini disebut mesin pembarkaran dalam 4 langkah dan dipatenkan pada 1876.
 


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1e/Benz-velo.jpg/220px-Benz-velo.jpg 
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil



Setelah membaca dan melihat gambar tersebut, sekarang coba diskusikan pertanyaan berikut!
1. Apa saja manfaat mobil bagi kehidupan manusia?
2. Menurut Anda adanya penemuan mobil dapat menjadi faktor adanya perubahan sosial dalam masyarakat?
3. Perubahan apa saja yang terjadi dalam kehidupan manusia ketika mobil ditemukan!
3. Jelaskan solusi yang menurut Anda paling tepat dalam mengatasi polusi udara yang ditimbulkan oleh mobil!
4. Bagaimana cara menampilkan bukti nyata Anda dalam meminimalisir polusi udara tersebut!


sumber:
http://ajarmadan.blogspot.com/2013/10/sejarah-penemuan-mobil-dan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil
Taupan, Muhamad dan Ine Ariyani S. 2015. Sosiologi Untuk SMA/MA Kelas XII Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Yrama Widya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar