Senin, 12 Februari 2018

Globalisasi dan Kebudayaan

Globalisasi berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization , yaitu gabungan dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses.
Globalisasi adalah suatu proses yang menyeluruh atau mendunia dimana setiap orang tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah, artinya setiap individu dapat terhubung dan saling bertukar informasi dimanapun dan kapanpun melalui media elektronik maupun cetak.
Globalisasi merupakan proses dimana dunia menjadi semakin terhubung (Globalisation is the process by which the world is becoming increasingly interconnected) sebagai akibat dari meningkatnya perdagangan secara masif serta terjadinya pertukaran budaya (as a result of massively increased trade and cultural exchange).
Secara lebih sederhana dalam globalisasi terdapat upaya untuk menyamakan dan menyatukan pandangan (ide, gagasan) orang-orang yang ada di seluruh dunia melalui berbagai media yang dikenal manusia.
Sedangkan budaya sendiri diartikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Tokoh lain menyatakan bahwa keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
Dari sini dapat dilihat bahwa ada unsur belajar. Seseorang dapat belajar dari orang lain (baik di lingkungan rumah, sekitar rumah tinggal, masyarakat yang lebih luas, ataupun dari media massa).
Jadi dapat dipahami bahwa budaya tidaklah diturunkan secara genetik, melainkan diperoleh seseorang melalui adaptasi terhadap hal atau peristiwa yang terjadi disekitarnya. Karena orang selalu belajar dari lingkungan, maka dapat dikatakan bahwa sebuah budaya pasti berubah dari waktu ke waktu. Sebab manusia memiliki kelebihan dalam menggunakan pikiran dan perasaannya.
 
Bahan bacaan:
Simanjuntak, Posman. 1997. Berkenalan dengan Antropologi untuk SMU Kelas 3 berdasarkan Kurikulum 1994. Jakarta: Erlangga.
http://www.learniseasy.com/globalisasi-pengertian-globalisasi-ciri-ciri-dampak-dan-pentingnya-globalisasi.html
http://www.kuliah.info/2015/05/apa-itu-globalisasi-ini-pengertian.html?m=1
Baca media sebagai provokasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar