Senin, 12 Februari 2018

Media sosial (medsos)

Media sosial merupakan saluran penyampai pesan yang sangat populer, penting, bahkan sangat akrab dengan kehidupan manusia. Karena disetiap detik dapat diakses oleh begitu banyak mata dan pikiran manusia, maka tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial bisa digunakan untuk mengadakan propaganda, iklan, pendidikan, dan lain sebagainya.
Keberadaan medsos ini tidak dapat dibendung atau dihindari, sebab semua yang kita inginkan dan kita kerjakan dapat melalui media ini. Sebenarnya kita pun dipaksa untuk memiliki dan mampu untuk mengoperasikannya. Jika tidak bisa, maka akan dicap sebagai orang off out date alias ketinggalan zaman.
Karena semua informasi "harus" bisa diperoleh dimana dan kapanpun maka tidak dapat dipungkiri lagi setiap orang harus mempunyai alat untuk mengakses media ini. Dan sekarang para ahli sudah mampu menyediakannya bahkan semakin hari semakin canggih. Bahkan terdapat istilah dunia sudah ada digenggaman setiap orang.
Karena dunia sudah ada digenggaman, maka kebutuhan akan informasi yang cepat pun menjadi hal yang pokok bagi setiap orang. Dan sekali lagi para ahli membuat berbagai inovasi berkaitan dengan hal itu.
Semakin hari semakin canggih keberadaan alat pengakses ini. Dan kebutuhan manusia pun bertambah, tidak hanya informasi tentang dunia luar (berita tentang negara-negara lain) tetapi juga tentang diri orang lain (tokoh dan artis idola).
Karena banyak orang yang menggandrungi orang lain, maka kebutuhan bertambah lagi yaitu menampilkan keberadaan diri kepada orang lain. Akhirnya kita kenal selfi, menampilkan diri sedang apa, sedang ada dimana, melakukan aktifitas apa, menyatakan apa, bahkan curhat pun bisa melalui media ini. Tidak ada yang melarang seseorang melakukan apapun.
Sampai disini nampaknya berbagai kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan mudah dan cepat. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan media sosial ini juga memiliki berbagai segi negatif. Misalnya, berkurangnya interaksi dengan orang-orang sekitar, munculnya berbagai tindak kriminal, dekadensi moral, dan lain sebagainya.
Untuk itu, sebagai manusia yang dibekali dengan pikiran dan olah rasa, maka gunakanlah alat dan media sosial tersebut secara bijak. Tahu dimana, kapan, dan bagaimana harus memanfaatkan alat dan media yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar