1.
Masyarakat
Bugis-Makassar mengenal satu konsep yang didalamnya tercakup aspek rasa malu,
harga diri, dan kehormatan serta keberanian. Konsep ini disebut dengan….
a. Siri d. Syara’
b.
Sirik e. Syirik
c.
Syirkah
2.
Paham
yang mengukur tinggi rendahnya kebudayaan orang lain dengan tolok ukur
kebudayaannnya sendiri dan cenderung merendahkan kebudayaan orang lain
dinamakan…
a. Etnosentrisme d.
Merkantilisme
b.
Pluralism e. Rasisme
c.
Chauvinism
3.
Berikut
ini adalah factor yang sangat mempengaruhi keberadaan keanekaragaman budaya
lokal di Indonesia, kecuali….
a.
Geografis d. Migrasi
b.
Perdagangan
laut e. difusi teknologi
c.
Kedatangan
penjajah
4.
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1)
masyarakat dan kebudayaan bersifat statis
2) proses penyerapan nilai
kehidupan sepanjang hayat
3) budaya masyarakat bersifat
dinamis
4) pemimpin masyarakat
menutup budaya baru
Berdasarkan pernyataan tersebut di atas yang termasuk karakteristik dinamika budaya adalah
nomor....
a. 1 dan 2 d.
2 dan 4
b. 1 dan 3 e.
3 dan 4
c.
2 dan 3
5.
Terdapat
kepercayaan dalam masyarakat bahwa jika pasangan pengantin baru diberi ikan
belanak maka pasangan tersebut akan dikaruniai keturunan yang banyak oleh Sang
Pencipta. Jika dilihat dari factor pendorong dinamika budaya, ilustrasi
tersebut termasuk factor…
a.
Imitasi d. simpati
b.
Identifikasi e. Adaptasi
c. Sugesti
6.
Perhatikan
beberapa hal berikut!
1)
Adanya
rasa tidak puas terhadap nilai-nilai yang berlaku
2)
Adanya
interaksi dengan kebudayaan lain
3)
Adanya
penemuan baru yang diterima oleh masyarakat
4)
Adanya
bencana alam
5)
Adanya
peperangan dengan Negara lain
Factor
yang mendorong perubahan budaya yang berasal dari luar masyarakat adalah….
a.
1, 2 dan
3 d. 2, 4 dan 5
b.
1, 2 dan
4 e. 3, 4 dan 5
c.
2, 3 dan
5
7.
Orang
Baduy dalam terkenal teguh dalam tradisinya. Mereka selalu berpakaian warna
putih dengan kain ikat kepala serta golok. Semua perlengkapan ini mereka buat
sendiri dengan tangan. Pakaian mereka tidak berkerah dan berkancing, mereka
juga tidak beralas kaki. Mereka pergi kemana-mana hanya berjalan kaki tanpa
alas dan tidak pernah membawa uang, jadi mereka tidak pernah menggunakan
kendaraan. Orang Baduy juga tidak mengenal sekolah, huruf yang mereka kenal
adalah Aksara Hanacara dan
bahasanya Sunda. Dalam masyarakat Baduy terdapat peraturan yang tidak
memperbolehkan dipergunakannya peralatan atau sarana dari luar. Hal ini
menjadikan masyarakat Baduy berbeda dengan kebanyakan masyarakat lainnya.
Dari
ilustrasi di atas, factor penghambat perubahan budaya pada masyarakat Baduy
disebabkan oleh…
a.
Kurangnya interaksi dengan
masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu
pengetahuan yang terlambat
c. Terlalu mengagungkan
tradisi
d. Prasangka buruk terhadap
kebudayaan luar
e. Adanya interaksi antar
masyarakat
8.
Upaya
penyebaran kebiasaan atau adat istiadat dari kebudayaan yang satu kepada kebudayaan lain, disebut…
a.
Akulturasi d. Adaptasi
b. Difusi e.
Penetrasi
c.
Asimilasi
9.
Perhatikan
beberapa hal berikut!
1)
Amalgamasi
2)
In-group feeling yang kuat
3)
Adanya
persamaan unsure-unsur kebudayaan yang terdapat dalam kedua kebudayaan
4)
Terisolirnya
kehidupan suatu masyarakat
5)
Kurangnya
pengetahuan tentang kebudayaan yang ada diluar masyarakatnya
Yang
merupakan factor penghambat terjadinya asimilasi adalah….
a.
1, 2 dan
3 d. 2, 4 dan 5
b.
1, 2 dan
4 e. 3, 4
dan 5
c.
2, 3 dan
5
10. Perhatikan beberapa hal berikut!
1)
Alat-alat
pertanian
2)
Perlengkapan
memasak
3)
Adanya
paham negara asing
4)
Mode
pakaian anak punk
Unsure
budaya asing yang mudah diterima oleh masyarakat adalah…
a. 1 dan 2 d.
3 dan 4
b.
2 dan 3 e. 3 dan 5
c.
2 dan 4
11. Integrasi nasional dapat dipandang sebagai
suatu proses penyatuan suatu bangsa, salah satu factor pendorong integrasi
nasional adalah….
a.
Adanya
gerakan separatis
b.
Sikap
etnosentrisme yang kuat
c.
Sikap
pasrah menerima nasib
d.
Ada
kepentingan yang tertanam kuat
e.
Ada rasa senasib sepenanggungan
12. Melalui integrasi nasional, masyarakat diajak
kembali untuk memilliki semangat persatuan dan kesatuan yang pernah dimiliki
oleh para pejuang Indonesia dalam meraih kemerdekaan.
Contoh
wujud integrasi nasional adalah…
a.
Separatism
di beberapa wilayah Indonesia
b.
Fanatisme
terhadap anggota kelompok
c.
Intervensi
pihak asing dalam mempengaruhi budaya
d.
Ketidakadilan
social dalam memperoleh pendapatan
e.
Penggunaan bahasa Indonesia di dalam dunia
pendidikan
13. Perhatiakan hal berikut!
1)
Adanya
paham primordialisme
2)
Besarnya
ancaman perbedaan agama
3)
Adanya
paham etnosentrisme
4)
Adanya
ketimpangan social dan ketidakmerataan pembangunan
5)
Masyarakat
Indonesia yang sangat heterogen
Yang
termasuk factor penghambat integrasi nasional adalah….
a.
1, 2, 3 d. 2, 3, 4
b.
1, 2, 5 e. 3, 4, 5
c. 1, 3, 4
14. Perhatikan pernyataan berikut!
1)
Memberikan
kesempatan kepada Negara asng untuk mengatur perekonomian Indonesia
2)
Mewajibkan
pemakaian Bahasa Indonesia dalam ruang politik yang formal seperti di sekolah
dan kantor
3)
Memperkenalkan
lagu Indonesia Raya, dan Bendera Merah Putih kepada masyarakat sejak usia dini
melaku pendidikan di sekolah
4)
Fanatisme
terhadap kelompok etnis, agama, atau kelompok alitan kepercayaan tertentu
5)
Sikap
diskriminatif terhadap kelompok etnis, agama, atau aliran kepercayaan tertentu
Usaha-usaha
yagn dapat kita lakukan untuk mewujudkan integrasi nasional adalah…
a.
1 dan 2 d.
3 dan 5
b.
2 dan 3 e.
4 dan 5
c.
3 dan 4
15. Bahasa yang digunakan seseorang dalam kehidupan
sehari-hari merupakan sarana mengungkapkan keinginan (pesan) antara satu orang
kepada orang lain. Hal ini merupakan fungsi bahasa secara khusus, yaitu bahasa
berfungsi untuk tujuan…
a. Praktis d. Belajar
b. Artistik e. Ekspresi
c. Filosofis
16. Bahasa yang digunakan antara masyarakat satu
dengan yang lain memiliki perbedaan dan beberapa kemiripan. Namun di Indonesia
terdapat alternative lain untuk menyamakan persepsi diantara kedua masyarakat
yang berbeda dalam penggunaan bahasa, yaitu dengan menggunakan bahasa
Indonesia. Ini berarti bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki fungsi
sebagai….
a. Lambang identitas nasional
b.
Alat pemersatu antar masyarakat yang
berbeda
c. Bahasa resmi Negara
d. Alat pengembangan kebudayaan
e. Alat komunikasi
17. Bahasa yang kita kenal selama ini banyak
macamnya baik bahasa daerah, nasional, bahasa asing bahkan bahasa
internasional. Dari penggunaan dan pengenalan adanya berbagai bahasa tersebut,
kita dapat mempelajari kebiasaan atau pengetahuan masyarakat lain. Dilihat dari
fungsi bahasa secara khusus, ilustrasi di atas berarti bahasa berfungsi untuk
tujuan….
a. Praktis d.
Filosofis
b. Artistic e. Alat komunikasi
c. Kunci mempelajari ilmu-ilmu lain
18. Bahasa dapat digunakan sebagai alat untuk
mengungkapkan perasaan seseorang, misalnya untuk menarik perhatian orang lain
atau bahkan membebaskan diri dari semua tekanan. Dilihat dari fungsi bahasa
secara umum, pernyataan di atas berarti bahasa mempunyai fungsi sebagai….
a.
Alat ekspresi
b. Alat komunikasi yang efektif
c. Alat untuk mengadakan integrasi
d. Alat untuk beradaptasi
e. Alat pengantar
19. Bahasa Indonesia sering kali kita jumpai pada
setiap kesempatan, misalnya di sekolah-sekolah, di kantor-kantor pemerintah, di
museum, dan lain sebagainya. Dari ilustrasi di atas, jika ditinjau dari segi
bahasa Negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai…
a. Bahasa resmi negera
b.
Bahasa pengantar dalam sebuah lembaga
c. Alat pengembangan seni
d. Alat adaptasi sosial
e. Alat ekspresi seseorang
20. Dengan menggunakan bahasa Indonesia kita dapat
memahami apa yang diinginkan oleh orang lain yang berasal dari daerah yang berbeda
dengan kita. Misalnya seseorang yang berasal dari daerah Jawa dapat memahami
perkataan orang yang berasal dari darah Papua.
Hal ini menunjukkan bahwa
bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional berfungsi sebagai…
a. Bahasa resmi Negara
b. Alat ekspresi
c. Alat komunikasi
d. Lambang identitas nasional
e.
Alat penghubung antardaerah dan
antarbudaya
21. Ali dan Robert merupakan dua orang yang berasal
dari dua Negara yang berbeda. Ali berasal dari Indonesia sedang Robert dari
Belanda, mereka baru saja bertemu disebuah warung makan. Meskipun baru saja
bertemu, namun mereka sudah akrab. Karena penasaran dengan bahasa yang
terkadang diselipkan Ali ketika percakapan keduanya, kemudian Ali mencoba
mengajari Robert berbicara menggunakan bahasa Ali (bahasa Indonesia).
Ilustrasi di atas Nampak
bahwa bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dapat berfungsi sebagai…
a. Alat pemersatu diantara masyarakat
b. Alat penghubung antardaerah
c. Bahasa pengantar dalam pergaulan
d. Alat ekspresi penggunanya
e.
Lambang identitas nasional
22. Setiap manusia memiliki cirri khas bahasa yang
diperolehnya sejak kecil. Bahkan menurut para ahli manusia dalam memperoleh
sebuah bahasa dapat dimulai saat seorang anak masih bayi. Meskipun si bayi
tidak memahami apa yang dikatakan orang yang ada disekitarnya, namun hal ini
sudah termasuk dalam salah satu cara memperoleh “bahasa ibu”nya.
Dilihat dari perolehan
bahasa pertama pernyataan diatas dapat dimasukkan ke dalam tahap…
a. Diperoleh melalui insting
b. Diperoleh melalui pendengaran
c.
Diperoleh melalui proses setengah
sadar
d. Melalui proses informal
e. Diperoleh melalaui bahasa pertama
23. Kita bisa mengenali cirri khas suara orang lain
tanpa melihat orang yang dimaksud, misalnya dengan mendengarkan suara di sebuah
speaker. Hal tersebut merupakan variasi bahasas berdasarkan penuturnya yaitu…
a. Idiolek d. Kronolek
b. Dialek e. Sosiolek
c. Temporal
24. Perhatikan hal berikut!
1) Ragam beku
2) Ragam sastra
3) Ragam ilmiah
4) Ragam jurnalistik
5) Ragam resmi
Yang termasuk variasi
bahasa berdasarkan bidang pemakaiannya yaitu…
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, 5
b. 1, 2, 4 e. 3, 4, 5
c.
2, 3, 4
25. Perhatikan cirri-ciri berikut!
1) Bahasa bersifat sederhana
2) Bahasa bersifat komunikatif
3) Bahasa yang digunakan ringkas
Merupakan cirri ragam
bahasa…
a. Sastra d. militer
b. Jurnalistik e. ilmiah
c. Frozen
26. Proses penyebaran ilmu pengetahuan dan
teknologi dalam masyarakat membutuhkan beberapa elemen penting yang saling
berkaitan satu dengan yang lain. Salah satu elemen tersebut yaitu…
a. Invosi
kebudayaan
b.
Budaya
lain
c.
Budaya
superior
d.
Peralatan
yang sangat canggih
e.
Adanya
agen pembawa
27. Suatu penemuan yang telah dikenalkan oleh
penciptanya. Ternyata respon masyarakat terhadap hasil temuan tersebut adalah
baik bahkan masyarakat sangat senang
dengan adanya alat temuan itu.
Ilutrasi
tersebut menggambarkan adanya…
a.
Inovasi d. Enkulturasi
b.
Discovery e. Akulturasi
c. Invention
28. Berikut merupakan dampak positif adanya
perilaku keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat…
a.
Kesombongan
religius yang berlebihan dapat meningkatkan solidaritas masyarakat
b.
Pemaksaan
kehendak dan agama kepada orang lain
dapat menyebabkan perpecahan
c.
Fanatisme
yang berlebihan sangat diperlukan dalam setiap kehidupan bermasyarakat
d. Sikap
fanatic yang bijak dan terkendali sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat
e.
Konflik
untuk memaksakan agama memang perlu dalam masyarakat
29. Fungsi agama dapat mencakup tugas mengajar dan
bimbingan kepada umatnya. Salah satunya yaitu melalui khotbah. Merupakan fungsi
agama dalam hal…
a. Edukatif d.
Memberi nasihat
b.
Motivasi
e.
Penyadaran masyarakat
c.
Memupuk
solidaritas
30. Manusia tidak dapat lepas dari keberadaan orang
lain, dan dalam bergaul juga tidak lepas dari pertikaian, permusuhan dan
sebagainya. Namun dalam agama senantiasa meredanya, yaitu dengan selalu
menganjurkan untuk selalu hidup saling mencintai dan harus menghindari
permusuhan dan pertikaian serta tidak memandang sebelah mata kepada setiap
orang yang ada didepan kita.
Merupakan fungsi agama
sebagai…
a.
Hal yang
wajar sebab watak manusia berbeda-beda
b.
Penyelamat
manusia
c.
Pedoman
hidup manusia
d.
Suatu
inspirasi manusia
e.
Memupuk rasa persaudaraan
31. Ciri umum penelitian etnografi yaitu….
a.
Dalam
melakukan penelitian etnografer harus bertingkah laku sebagaimana masyarakat
yang diteliti
b.
Dalam menganalisis data harus dilakukan secara
menyeluruh
c.
Peneliti
merupakan instrument yang terpenting dalam mengumpulkan data
d.
Data
yang diperoleh saat penelitian harus dari tangan pertama
e.
Seorang
peneliti harus bersifat ilmiah
32. Berikut adalah tahap dalam menganalisis data
penelitian etnografi, yaitu….
a. Editing,
coding, analisis dan intrepretasi data
b.
Pengkodean
data, editing, analisis dan intrepretasi data
c.
Reduksi
data, penyajian data, dan pengambilan simpulan
d.
Reduksi
data, editing, dan analisis data
e.
Reduksi
data, penyajian data, analisis dan intrepretasi data
33. Metode pengamatan yang sering digunakan antropologi dalam mengungkap seluk beluk
suatu masyarakat tertentu yaitu pengamatan ….
a.
tak
terkendali d.
terkoordinasi
b.
terkendali e. lapangan
c. terstruktur
34. perhatikan hal berikut!
1)
Pemilihan
Suatu Proyek Etnografi
2)
Pengajuan
Pertanyaan Etnografi
3)
Pengumpulan
Data Etnografi
4)
Pembuatan
Rekaman Etnografi
5)
Analisis
Data Etnografi
6)
Penulisan
Sebuah Etnografi
Urutan langkah dalam melakukan penelitian
yaitu…
a.
1, 2, 3, 4, 5, 6 d.
6, 5, 4, 3, 2, 1
b.
1, 2, 4,
3, 5, 6 e. 6, 5, 4, 3, 1, 2
c.
1, 3, 4,
5, 2, 6
35. Wawancara yang tidak mengharuskan peneliti
menyusun terlebih dahulu sejumlah pertanyaan yang akan dibacakan kepada
informan, merupakan jenis wawancara ….
a. Berencana
d.
Terpusat
b. Tidak berencana e. Tertutup
c.
Berstruktur
36. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Data
yang diperoleh langsung dari informan
2. Informasi
banyak yang terlewat
3. Data
dapat diperoleh dalam waktu relative singkat
4. Kurangnya
waktu yang diperlukan untuk mengungkap suatu masyarakat
Yang
termasuk keuntungan metode observasi ditunjukkan dengan nomor….
a. 1 dan 2 d.
2 dan 4
b. 1 dan 3 e. 3 dan 4
c.
2 dan 3
37. Perhatikan prinsip-prinsip pengamatan berikut!
1. Mempertimbangkan
luas-tidaknya objek yang diteliti
2. Peneliti
ikut terlibat secara aktif dalam aktifitas masyarakat yang diamati
3. Menentukan
cara dan prosedur pengamatan
4. Memerlukan
waktu yang relative lama
5. Merencanakan
apa saja yang akan dicatat serta bagaimana cara membuat catatan pengamatan
Yang
termasuk prinsip yang harus diperhatikan sebelum peneliti malakukan pengamatan
yaitu ….
a. 1, 2 dan
3 d.
2, 3 dan 5
b. 1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
c.
2, 3 dan
38. Perhatikan gambar peta berikut!
Pada
gambar tersebut yang menunjukkan wiayah penyebaran bahasa Austronesia untuk
wilayah Kayan Kenyah adalah…
a.
1
b.
2
c.
3
d. 4
e.
5
39. Peta penyebaran bahasa Papua
Yang menunjukkan wilayah
penyebaran bahasa Mairasi Tanah Merah adalah nomor…
a.
1
b. 2
c.
3
d.
4
e.
5
40. Perhatikan peta berikut!
Yang
menunjukkan wilayah penyebaran bahasa Bima ditunjukkan pada nomor…
a.
1
b.
2
c.
3
d. 4
e.
5
41. Berikut ini adalah factor-faktor ilmu
pengetahuan, kecuali…..
a.
Kebenarannya
dapat diuji secara eksak
b. Memiliki
konsep-konsep yang konsisten
c.
Mencari
kebenaran secara ilmiah
d.
Kaidah-kaidahnya
tersusun secara akumulatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar