Kamis, 25 Oktober 2018

Bertindak Lokal, Berpikir Global


Bertemu dengan seseorang merupakan hal yang sangat luar biasa. Terkadang hal yang tak terduga muncul ditengah-tengah percakapan yang hanya sekadarnya saja. Meskipun orang yang ditemui itu merupakan orang yang sama, dimana dalam kehidupan keseharian sering kita berjumpa dengannya.
Seperti pengalamanku barusan. Padahal setiap hari kami bertemu untuk sekadar ngobrol perihal Globalisasi dan Perubahan Social. Disaat lagi asik membahas perihal latihan yang disodorkan yang sudah dari hari kemarin, yaitu tentang komunitas local yang sebelumnya telah diberitahukan bahwa ada keterkaitan dengan globalisasi,  ada yang nyeletuk “memang tujuan apa eg?”
Kenapa nyeletuk seperti itu? Pasalnya, ketika membahas tentang komunitas local, kami harus melakukan pengamatan yang ada disekitar tempat tinggal kami perihal komunitas local tentunya.
Sebenarnya bukan tanpa sebab, hal itu dilakukan tidak lain adalah karena untuk mengantisipasi adanya globalisasi. Agar kita tahu perihal bagaimana seharusnya kita menanggapi adanya globalisasi dengan memanfaatkan berbagai hal yang ada disekeliling kita. Seperti kata teman saya “Bertindak lokal, berpikir global”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar