Selasa, 04 Desember 2018

Subordinasi

Kadang kita sering kali mendengar beberapa istilah sedang maknanya belum tentu kita tahu. Tak jarang pula kita paham mengenai istilah yang dilontarkan teman atau seseorang kepada kita, tapi arti sebenarnya kita tidak tahu. 
Demikian pula dengan istilah yang akan dibahas dalam tulisan berikut. Kita tidak akan asing dengan istilah SUBORDINASI. ya...telinga kita dan memori otak kita tidak akan asing dengan istilah tesebut. 
Berikut saya coba membahas dengan segala keterbatasan yang saya miliki tentunya. :)
Subordinasi, menurut KBBI antara lain: 1) kedudukan bawahan (terutama dalam kemiliteran). 2) penggabungan dua unsur gramatikal dengan cara sedemikian rupa sehingga yang satu terikat kepada yang lain; hubungan antara klausa terikat dan klausa bebas dalam sebuah kalimat. 3) hubungan makna antara dua atau lebih konsep dalam tingkat hierarki yang berbeda.
Subordinasi Artinya : suatu penilaian atau anggapan bahwa suatu peran yang dilakukan oleh satu jenis kelamin lebih rendah dari yang lain.

Nah, berarti dalam subordinasi terdapat upaya untuk menilai antara kedudukan yang satu terhadap yang lain. yang otomatis kedudukan diantara keduanya tidak dalam posisi yang sama, dimana kedudukan satu lebih unggul dibanding dengan kedudukan lainnya. 
Dalam praktik di masyarakat subordinasi ini nampaknya tidak akan lepas dari apa yang dinamakan dengan gender (secara sosial). Penerapan subordinasi ini adalah untuk membedakan peran yang harus dijalankan antara seorang laki-laki dan perempuan. Peran-peran yang harus dimainkan ini sangat berbeda antara keduanya.
Jika dilihat ke dalam kehidupan masyarakat, peran yang diterapkan oleh setiap individu dalam masyarakat ini sangatlah unik. Unik karena hal yang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua individu sebagai seorang manusia, malah diberikan atau dibebankan kepada satu individu saja. 
Misalnya, perihal memasak. Dalam masyarakat peran masak memasak, disematkan kepada seorang perempuan bahkan jika ada manusia lain (laki-laki) memainkan peran ini maka tak hayal lagi mereka akan langsung dihujani beribu "hukuman". Hukuman tersebut misalkan, gunjingan atau gossip, dianggap aneh, banci, bahkan dijauhi oleh warga masyarakat lain. 
Jika ditanyakan kembali, bukankah memasak hanyalah keahlian meracik (memotong dan mengkombinasikan) beberapa bumbu-bumbu yang telah disediakan dan ditetapkan sebagai bahan baku dalam memasak?






sumber: 
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/subordinasi
http://worldhealth-bokepzz.blogspot.com/2012/04/pengertian-subordinasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar