Selasa, 18 Agustus 2020

Kelompok Sosial (Syarat)

Syarat Terbentuknya Kelompok Sosial

Sekumpulan orang dapat disebut sebagai kelompok sosial apabila memenuhi syarat berikut:

1)      Setiap anggota kelompok menyadari bahwa ia merupakan bagian dari kelompoknya;

Kesadaran juga dapat dilihat dari atribut yang dikenakan. Contohnya: seseorang yang menjadi anggota kelompok social tertentu, akan mengenakan seragam atau atribut sesuai dengan kelompoknya.

2)      Ada hubungan timbal balik antara anggota yang satu dan anggota yang lain

Perlu digarisbawahi bahwa dalam setiap kelompok terdapat pola hubungan timbal balik. Arti hubungan timbal balik yaitu tiap-tiap anggota saling berinteraksi secara sadar sebagai upaya untuk mencapai tujuan atau memenuhi kebutuhan tertentu.

3)      Ada suatu faktor yang dimiliki bersama sehingga hubungan mereka bertambah erat.

Seperti kesamaan kepentingan, kesamaan tujuan, kesamaan ideology, dan lain-lain.

4)      Terdapat struktur, kaidah/norma dan pola perilaku;

Suatu kelompok tentunya memiliki ciri khusus yang menjadikannya berbeda dengan kelompok yang lain. Struktur dan norma kelompok merupakan elemen pembeda yang penting. Setiap kelompok memiliki norma/aturan yang berisi kaidah-kaidah yang bersifat mengatur perilaku para anggotanya hingga akhirnya terbentuklah pola perilaku tertentu yang menjadi ciri khas kelompok tertentu.

5)      Bersistem dan berproses

Suatu kelompok social mempunyai system masing-masing dalam menjalankan “roda pemerintahan” suatu kelompok. Misalnya; suatu kelompok social punya system penghormatan kepada orang lain berdasarkan ijazah. Sedang kelompok yang lain, karena kekuatan otot yang dimiliki oleh orang.
Selain itu, proses terbentuknya kelompok social secara umum adalah tidak sebentar. Melainkan melalui beberapa tahap tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar