Rabu, 14 Maret 2018

Penyebaran Budaya

Difusi adalah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan (ide, keyakinan, hasil-hasil kebudayaan dan sebagainya) dari individu satu ke individu lain, dari satu golongan ke golongan lain dalam suatu msayarakat, atau dari satu masyarakat ke masyarakat lain. 
Proses penyebaran kebudayaan merupakan hal yang tidak dapat dihindari bagi setiap masyarakat. Sebab setiap individu sebagai anggota masyarakat pasti berhubungan/ memerlukan individu lain dalam upaya pemenuhan kebutuhan. Dan dalam setiap hubungan inilah tidak akan terlepas dari upaya/proses penyebaran kebudayaan. 
Sebagai bukti kecil cobalah rasakan dalam setiap pergaulan dengan orang-orang yang telah ditemui. Apakah sebagian kecil atau malah keseluruhan dari kebiasaan, perkataan, pemikiran, perilaku, pakaian, pandangan mengenai sesuatu hal dari orang-orang tersebut kita setujui dan kita benarkan? Kebiasaan, perkataan, dan seterusnya (seperti yang sudah diutarakan sebelumnya) merupakan apa yang disebut dengan kebudayaan atau budaya. Nah, sampai disini tentunya pembaca sudah memahami tentang apa yang dimaksud dengan difusi atau penyebaran budaya. 
Lantas, bagaimana individu atau masyarakat (yang lebih luas) menyebarkan budaya mereka? Untuk menjawab hal itu tidaklah sulit dicari dan dibuktikan. Yaitu dengan media massa. Silakan buktikan sendiri tentang upaya penyebaran budaya tersebut, seberapa besar budaya tersebut menempel pada benak kita? Apa upaya kita (sebagai individu yang mempunyai kehidupan sendiri) menyaring budaya itu? 
Apa yang kita tonton dan nikmati di media massa tersebut tidaklah selama dapat kita cerna apa arti sebenarnya. Baca juga rahasia kebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar