Kamis, 05 April 2018

Setitik Pengalaman

Menurut Prof... (nama lupa, soalnya namanya masih asing di telinga), bahwa tiap generasi yang tercipta sesuai dengan zaman ketika dilahirkan (kurang lebih demikian pernyataannya).
Dapat dipaparkan sebagai berikut:
Generasi yang lahir...
  1. 1946-1964: disebut juga generasi baby boomer (banyak kelahiran). Hal ini disebabkan karena setelah (masih) suasana perang merebut kemerdekaan. Sedangkan pola pembelajaran yang tepat pada saat itu adalah dengan menggunakan lagu-lagu sederhana yang mudah diingat dan sekaligus sebagai pembelajaran.
  2. 1965-1980: disebut sebagai generasi "X". Generasi ini banyak membantu orang tua. Sehingga bagi mereka yang termasuk dalam generasi "X" merupakan generasi yang mandiri. Pola pembelajaran yang diterapkan adalah CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Pada zaman ini, sudah terdapat buku bacaan, sebagai pegangan untuk guru dan siswa. Contoh: ini ibu budi. Bapak minum kopi, ibu memasak.
  3. 1981-1994: disebut sebagai generasi "Y". Generasi ini merupakan generasi yang sedikit lebih longgar dibandingkan generasi sebelumnya. Generasi ini dicirikan sudah adanya beberapa teknologi yang membantu pekerjaan manusia, meskipun masih terbatas. Misalnya: sudah ada mesin cuci, rice cooker. Dengan adanya beberape teknologi tersebut, maka generasi yang terbentuk adalah generasi yang lebih santai, sulit diatur, merasa berhak untuk menentukan masa depan sendiri. Sedangkan pola pembelajaran yang diterapkan adalah siswa dijadikan partner.
  4. 1995-2010: disebut sebagai generasi "Z".  Generasi ini lahir bersamaan dan setelah ditemukan berbagai macam peralatan (teknologi) yang canggih untuk membantu manusia. Misalnya: teletabies, dora, upload video,upload foto. Ciri generasi ini antara lain: fasih dalam penggunaan informasi, Sosialisasi sangat tinggi, multitasking. Pembelajaran yang digunakan adalah yang berkaitan dengan TIK, generasi ini sangat suka dengan berbagai aplikasi. Memanfaatkan jejaring sosial yang dikenal oleh siswa.
Kurang lebih seperti itu pernyataan dan menurut ingatan serta pendengaran saya. Jika ada yang kurang pas silakan ditambahkan.🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar